Minggu, 12 Desember 2010

1. Apa yang dimaksud dengan standar kompetensi? Jelaskan!
2. Apa yang dimaksud dengan kompetensi dasar? Jelaskan!
3. Apa yang dimaksud dengan indikator? Jelaskan!
4. Apa yang dimaksud dengan merumuskan tujuan pembelajatan harus memenuhi unsur ABCD? Jelaskan dan beri contoh setiap ranahnya!
5. Jelaskan apa yang dimaksud dengan elaborasi, eksplorasi, dan kolaborasi!
6. Apa yang perlu dipikirkan dalam merumuskan evaluasi dalam pembelajaran?
7. Apa yang perlu dipikirkan dalam pemilihan metode, strategi, model dalam pembelajaran?
8. Apa yang perlu dipikirkan dalam menentukan media dan sumber pembelajaran?
Jawaban
1. Standar kompetensi adalah tujuan pembelajaran secara umum. Standar kompetensi merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada setiap kelas dan/atau semester pada suatu mata pelajaran.
2. Kompetensi dasar adalah sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan penyusunan indikator kompetensi dalam suatu pelajaran.
3. Indikator kompetensi adalah perilaku yang dapat diukur dan/atau diobservasi untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran. Indikator pencapaian kompetensi dirumuskan dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup pengetahuan, sikap, dan keterampilan.
4. merumuskan tujuan pembelajaran harus memenuhi unsur ABCD (buku hlm 54)
5. Eksplorasi adalah upaya awal membangun pengetahuan melalui peningkatan pemahaman atas suatu fenomena (American Dictionary). Strategi yang digunakan memperluas dan memperdalam pengetahuan dengan menerapkan strategi belajar aktif. Eksplorasi merupakan proses kerja dalam memfasilitasi proses belajar siswa dari tidak tahu menjadi tahu. Siswa menghubungkan pikiran yang terdahulu dengan pengalaman belajarnya. Mereka menggambarkan pemahaman yang mendalam untuk memberikan respon yang mendalam juga. Bagaimana membedakan peran masing-masing dalam kegiatan belajar bersama. Mereka melakukan pembagian tugas seperti dalam tugas merekam, mencari informasi melalui internet serta memberikan respon kreatif dalam berdialog
Teori elaborasi adalah teori mengenai desain pembelajaran dengan dasar argumen bahwa pelajaran harus diorganisasikan dari materi yang sederhana menuju pada harapan yang kompleks dengan mengembangkan pemahaman pada konteks yang lebih bermakna sehingga berkembang menjadi ide-ide yang terintegrasi.
Konfirmasi adalah memfasilitasi siswa menggali informsi lebih luas, menggunakan beragam pendekatan. memfasilitasi intraksi antar siswa.

ralat
konfirmasi : memberikan umpan balik, memfasilitasi siswa melakukan refleksi, memberikan motivasi pada siswa
nomer 5 itu

Tidak ada komentar: